Podcast vs Vodcast

Podcast vs Vodcast

PODCAST lahir tahun 2003. Podcast adalah audio (mp3) yang disimpan di internet dan dapat didengarkan langsung atau diunduh dan didengarkan kemudian. Isinya hanya suara (sound/voice).

Saat podcast booming, populer, atau diminati pengguna internet dalam rentang 15 tahun terakhir (2005- 2020), video sudah populer duluan, khususnya di Youtube.

Youtuber pun banyak yang beralih ke podcast, namun tetap mempertahankan konten video. Mereka melakukan podcasting plus shooting. Jadilah video podcast atau vodcast.

Bahkan, belakangan Youtuber berlomba-lomba membuat video podcast alias vodcasting. Video mereka berisi wawancara (talkshow) atau obrolan (conversation). Objek shooting hanya host dan narasumber di sebuah studio.

Apa itu Vodcasting?
Laman DW mengulas khusus fenomene vodcasting. Disebutkan, setelah podcasting, yang memungkinkan pengguna berlangganan file audio, hadir pula vodcasting.

BACA JUGA
Cara Membuat Intro dan Outro Podcast Plus ContohnyaSetelah Podcast, Vodcast, Kini MicrocastPodcast: Pengertian, Sejarah, dan Cara Membuatnya

Vodcasting, menurut DW, adalah cara termudah untuk menghadirkan video internet ke desktop Anda.

Selangkah lebih maju dari podcasting, vodcasting, juga disebut video podcasting atau vlogging, menambahkan video ke file suara yang dapat didownload yang biasa digunakan pendengar podcast.

Mengunduh file video adalah masalah sederhana berlangganan vodcast di salah satu dari banyak program direktori yang tersedia secara gratis.

Setelah mengunduh dan menyimpannya ke pemutar video portabel, pengguna dapat memilih kapan dan di mana mereka ingin menonton video, menjadikannya terlepas dari jadwal program televisi.

Sejumlah alat vodcasting juga ada untuk membantu mengubah orang dari sekadar konsumen video menjadi produser.

Apple menambahkan dukungan vodcasting ke perangkat lunak iTunes yang populer, yang memungkinkan pengguna berlangganan pod dan vodcasts dan secara otomatis mengunduh pembaruan terkini. Ipodder, layanan populer lainnya yang dimulai dengan podcast, juga memiliki direktori vodcast.

Ukuran file Vodcast yang besar membuat tarif tetap, koneksi internet broadband menjadi kebutuhan untuk mempercepat download dan menekan biaya.

Menonton video jauh dari komputer juga memerlukan pemutar video seluler, yang sering kali terpasang pada PDA yang lebih baru dan banyak pemutar MP3, termasuk Video iPod.

Bagaimana cara kerja vodcasting?
RSS feed, kependekan dari Really Simple Syndication (sindikasi yang sangat sederhana), blogger mulai menggunakannya tahun 2001 untuk mengirimkan entri mereka langsung ke kotak masuk pembaca sama berguna ketika datang untuk menerima vodcast.

Fitur enklosur, standar untuk umpan RSS, memungkinkan tautan ke video yang dapat diproses oleh program seperti iTunes dan Ipodder, yang kemudian mengunduh vodcast secara otomatis, dan membuat pelanggan hanya bekerja menemukan vodcast yang menarik minat mereka.

Itulah vodcasting!

Perbedaan Podcast dan Vodcast
Laman WikiDiff menjelaskan perbedaan podcast dan vidcast sebagai berikut.

Sebagai kata benda, perbedaan antara podcast dan vodcast adalah podcast adalah program audio yang diproduksi secara teratur, dikirimkan melalui internet dalam format digital terkompresi dan dirancang untuk diputar di komputer atau pemutar audio digital portabel, seperti ipod sementara vodcast adalah podcast yang terdiri dari rekaman video, bukan hanya audio.

Sebagai kata kerja, perbedaan antara podcast dan vodcast adalah podcast dikirimkan (program audio) melalui internet secara teratur sementara vodcast mengirimkan video sesuai permintaan melalui podcast.

Podcast:

Program audio yang diproduksi secara teratur, dikirimkan melalui Internet dalam format digital terkompresi dan dirancang untuk diputar di komputer atau pemutar audio digital portabel, seperti iPod.
Istilah podcast ” mengacu pada program itu sendiri; setiap rekaman audio disebut sebagai episode ”.
Untuk menyampaikan (program audio) melalui internet secara teratur.
Vodcast:

Untuk mengirimkan video sesuai permintaan melalui podcast.
Podcast yang terdiri dari rekaman video, bukan hanya audio.
Salah Paham tentang Podcast
Suatu hari, saya diajak seorang teman datang ke kantor media yang baru dibukanya. Katanya, media yang akan mereka kelola baru saja membuat studio podcast –untuk membuat konten podcast.

Ketika saya masuk ruang studio, ada kamera. Saya tanya, mau shooting (memproduksi video) apa podcasting?

Rupanya, mereka –pendiri media itu– mengartikan podcast adalah video di Youtube berisi wawancara atau obrolan -atau talkshow yang divideokan.

Saya bilang, itu namanya video podcast (vodcasting). Bukan podcast murni. Yang disebut podcast itu adalah audio. Saya pun tunjukkan pengertian podcast di berbagai kamus bahasa Inggris.

Pengertian podcast dari Cambridge Dictionary:

a radio programme that is stored in a digital form that you can download from the internet and play on a computer or on an MP3 player (program radio yang disimpan dalam bentuk digital yang dapat Anda unduh dari internet dan diputar di komputer atau pemutar MP3).
a broadcast that is placed on the Internet for anyone who wants to listen to it or watch it (siaran yang ditempatkan di Internet untuk siapa saja yang ingin mendengarkan atau menontonnya).
a recorded programme that can be downloaded from the internet and listened to on an MP3 player (program rekaman yang dapat diunduh dari internet dan didengarkan pada pemutar MP3).
Intinya, podcast itu suara (sound/voice), untuk didengarkan (to listen), dan berupa file mp3 –format untuk memproses file audio digital untuk menghapus data yang tidak diperlukan dan menghasilkan file yang lebih kecil untuk transmisi di Internet, untuk digunakan dalam pemutar portabel, dll.

Clear? Podcast adalah suara. Layaknya siaran radio dengan keunggulan utama theatre of mind atau “mencipta gambar di benak pendengar”.

Namun, jika podcast divideokan atau dalam format video, jadilah ia vodcast.

Kesimpulan
Vodcasting adalah membuat video podcast atau “memvideokan podcast”. Podcasting adalah membuat podcast –rekaman suara saja.

Vodcasting membuat pengguna internet punya dua pilihan: mendengarkan saja (podcast) atau mendengarkan sambil menonton (vodcast).

Yang jelas, popularitas podcast antara lain karena ia bisa didengarkan sambil “multitasking”, sebagaimana mendengarkan radio.

Orang “meninggalkan” video –dan memilih podcast– karena video harus dilihat dan didengar (media lihat dan dengar), layaknya televisi.

Jadi, bagaimana dong? Vodcasting atau podcasting? Anda bisa membuat keduanya. Videonya jadi vodcast, dan audinya jadi podcast. Video dibagikan di Youtube dan podcast di Spotify dan platform podcast lain.

Youtuber membuat vodcast karena alasan monetisasi. Podcast di Spotify dan lain-lain belum jelas benar bagaimana menduitkannya. Youtube sudah jelas, minimal Google AdSense.*(https://romeltea.com/)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *