SURAT EDARAN TENTANG INFORMASI TERKAIT KEWASPADAAN PENYEBARAN PENYAKIT NOVEL CORONA VIRUS (COVID-19)

21 Maret 2020
9 Views

Berdasarkan hasil rapat terbatas Bupati Tanah Laut dan FORKOMPIMDA seluruh SKPD se- Kabupaten Tanah Laut serta instansi terkait, pada hari Senin tanggal 16 Maret 2020 serta memperhatikan pengumuman resmi dari Juru Bicara Presiden Republik IndonesIa tentang terdeteksinya kasus COVID-19 sebanyak 117 orang pada hari Senin tanggal 16 Maret 2020 dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Maka dengan ini Bupati Tanah Laut mengeluarkan kebijakan sebagai berikut:

1. Agar menjaga area kerja dan fasilitasbersama tetap bersih dan sehat dengan membersihkan permukaan meja, telepon,keyboard, gagang pintu dan alat-alat perkantoran lainnya dengan di sinfektan secara berkala.
2. Menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di tempat-tempat umum area kerja dan area pelayanan publik.
3. Menyediakan tisu dan masker bagi pegawai dan tamu/pengunjung yang memiliki gejala batuk dan demam.
4. Membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat antara lain:
a. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin.
b. Batasi menyentuh wajah (hidung, mulut dan mata) sebelum mencuci tangan.
c. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam).
d. Gunakan masker jika batuk atau flu.
e. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup dan aktivitas fisik minimal 30 menit/ hari.
f. Jaga jarak minimal 1 meter bila berbicara dengan orang lain.
5. Hindari melakukan perjalanan keluar negeri/daerah yang telah terjangkit COVID-19.
6. Apabila terdapat warga yang mengalami gejala demam di atas 38°C, pilek/batuk, nyeri tengorokan, sesak nafas setelah bepergian dari daerah terjangkit COVID-19 agar segera menghubungi petugas kesehatan terdekat (Puskesmas).
7. Untuk layanan informasi dapat menghubungi call center siaga COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut di nomor 082252241118 atau 081348379787.

Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Leave A Comment