Ruang inspirasi bersama karya mandiri sasirangan

24 November 2019
181 Views

TAK HARUS BELI DILUAR KOTA, TANAH LAUT SUDAH MILIKI INDUSTRI SASIRANGAN

Tuntung Pandang FM berkesempatan menghadirkan sosok inspiratif di bidang UKM yaitu Ibu Dwi dan Ibu Rini dari Home Industri Karya Mandiri Sasirangan dari Desa Martadah Baru untuk berbagi cerita kiat-kiat usaha Sasirangan dalam sesi Ruang Inspirasi, Senin (28/10).

Ketua Home Industri Karya Mandiri Sasirangan Ibu Dwi mengungkapkan, usaha Sasirangan ini berawal dari usaha sang suami yang dulunya bertugas sebagai Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3) di desa Martadah Baru, yang kemudian dilanjutkan oleh sang istri bersama warga sekitar yang didukung oleh dinas terkait di bidang pemberdayaan perempuan.

Untuk keanggotaan pengrajin kain Sasirangan adalah para ibu-ibu yang berminat untuk menambah penghasilan keluarga, pengkaderan anggota memang dilakukan langsung oleh Ibu Dwi yang juga berperan sebagai Ketua TP PKK di Desa Martadah Baru.

“2016 kami mulai produksi dengan anggota inti adalah ibu-ibu PKK berjumlah 20 orang, ternyata ramai peminat, dikarenakan semakin banyak pesanan dan menuntut fokus maka banyak yang menyerah hingga sekarang tersisa 10 orang anggota inti saja”, ujar Ibu Dwi.

Ibu Dwi menambahkan, terkait permodalan berawal dari modal pribadi masing-masing anggota dengan mengumpulkan uang Rp. 100.000 per orang, terkait pemasaran dilakukan secara langsung dengan menawarkan kain Sasirangan ke sekolah-sekolah dan instansi pemerintah.

“Untuk pemasaran dulunya kami door to door ke instansi-instansi dan sekolah-sekolah, karena kami yakin mereka pasti memerlukan sasirangan untuk seragam. Diterima dan ditolak sudah pernah kami rasakan, tapi alhamdulillah tetap maju menawarkan dari pintu ke pintu hingga sekarang malah konsumen yang datang untuk memesan”, tambah Ibu Dwi.

Ibu Dwi dan Ibu Rini berharap UKM di Tanah Laut selalu didukung oleh pemerintah Kabupaten Tanah Laut, dan untuk kebutuhan Sasirangan diharapkan tidak perlu lagi membeli di luar kota karena di Tanah Laut juga sudah memiliki industri Sasirangan sendiri.

“Harapannya untuk pemerintah selalu memberi perhatian kepada para pengrajin di Tanah Laut khususnya dari segi permodalan dan bantuan lainnya. Kami juga berharap bagi masyarakat dan pegawai di Tanah Laut tidak perlu lagi mencari diluar kota untuk kebutuhan kain sasirangan, karena kita sudah memiliki dan cukup banyak pengrajin Sasirangan di Tanah Laut, harga pun tidak beda jauh, apalagi kalau keluar kota kan juga tambah biaya”, pungkas Ibu Rini.

Leave A Comment