Ini 7 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh Penyiar Radio

14 Juni 2019
2.849 Views

Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi idaman bagi sebagian orang yang memimpikan untuk bisa bekerja dan berkarir di industri media massa. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bekerja sebagai seorang penyiar radio memiliki beberapa keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh profesi lainnya.

Seperti jam kerja yang fleksibel, tidak terikat dengan seragam kerja, tingkat stress kerja yang rendah dan tentu buat kamu pencinta musik, bekerja di radio adalah pilihan yang tepat karena kamu akan merasa terhibur setiap saat.

Tapi sebelum itu, yuk kenali dulu 7 kemampuan dasar di bawah ini, yang harus kamu miliki untuk bisa menjadi penyiar radio.

1. Percaya diri.

Percaya diri adalah modal utama bagi seorang penyiar radio, karena dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentunya kamu akan dapat mengatasi rasa gugup yang kamu rasakan pada saat siaran nanti. Memiliki rasa percaya diri juga akan membuat kamu dapat lebih merasa yakin untuk bisa menyampaikan setiap informasi kepada para pendengarmu dengan intonasi dan artikulasi yang benar tanpa mengalami ‘gagap’ saat menyampaikannya. Hal itu tentunya dapat membuatmu bisa lebih menikmati ‘air time’ nya kamu.

2. Ramah.

Oleh karena itu sikap ramah juga harus dimiliki oleh setiap penyiar radio, baik itu kepada sesama crew radio maupun kepada para pendengarnya, karena dengan memiliki sikap yang ramah kepada sesama akan membuat orang-orang disekitar kita merasa nyaman berada bersama dengan kita.

3. Mampu berbahasa Inggris.

Jika kamu sudah berniat untuk menjadi seorang penyiar radio, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai memperdalam lagi ilmu bahasa Inggris kamu. Karena bagaimana pun, pada saat kamu nanti telah menjadi seorang penyiar radio maka kamu akan sering bertemu dan mewawancarai berbagai musisi maupun aktor film dari luar negeri, yang tentunya menuntut kamu untuk bisa mengali informasi sebanyak-banyaknya dari mereka. Oleh karena itu, memiliki kemampuan berbahasa Inggris dirasa perlu untuk kamu miliki agar dapat memudahkan pekerjaanmu.

4. Memiliki wawasan musik yang luas.

Bisa dikatakan, musik sudah menjadi urat nadi bagi seorang penyiar radio. Karena hampir secara keseluruhan, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang penyiar radio akan selalu berhubungan dengan musik. Seperti menyusun playlist lagu, membuat chart musik, memutarkan request-an lagu dari para pendengar, dan membahas topik tentang musisi-musisi dan album yang mereka luncurkan.

Oleh karena itu memiliki wawasan musik yang luas, tentulah sudah menjadi keharusan bagi kamu, untuk bisa menjadi seorang penyiar radio, agar nantinya kamu bisa lebih menikmati pekerjaanmu.

5. ‘Update’ info terkini.

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, berbagai kemudahan pun sudah bisa kita rasakan saat ini seperti hal nya kemudahan dalam mengakses informasi yang sekarang jauh lebih mudah dan efektif. Kini semua informasi dapat kita akses hanya melalui handphone saja, tanpa harus repot-repot membeli koran atau majalah. Kemudahan dalam mengakses informasi seperti ini, juga sangat bermanfaat bagi seorang penyiar radio dalam melakukan siaran.

Salah satunya yaitu materi siaran yang dibawakan akan selalu fresh dan mengikuti apa yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat luas, oleh karena itu seorang penyiar juga dituntut harus dapat lebih update dan peka terhadap informasi terkini, agar materi siaran yang akan dibawakan dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan tentu dapat menarik minat dari para pendengar.

6. Intonasi, artikulasi, speed.

Bagi seorang penyiar radio, menguasai artikulasi, intonasi, dan speed sudah menjadi sebuah keharusan yang wajib dimiliki. Karena dengan demikian setiap pesan yang akan disampaikan dapat tersampaikan dengan pelafalan kalimat yang jelas, tinggi/rendahnya suara yang pas dan kecepatan yang tepat saat berbicara. Sehingga dengan begitu, informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siapapun yang mendengarnya.

7. Team work.

Oleh karena itu, menjadi seorang penyiar radio juga dituntut untuk bisa bekerjasama dalam sebuah tim dan mampu berkoordinasi dengan baik antar sesama karyawan dalam menghadapi setiap permasalahan. Hindarilah juga sifat individual dalam sebuah tim, karena hal itu hanya akan membuatmu tidak bisa berkembang di pekerjaanmu nantinya.

Well, itu dia 7 kemampuan dasar yang wajib kamu miliki kalau kamu ingin menjadi penyiar radio. Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Sumber: https://www.brilio.net/creator/ini-7-kemampuan-dasar-yang-wajib-dimiliki-oleh-penyiar-radio-564845.html

Leave A Comment